Tuesday, 25 July 2017 - Buka Senin - Sabtu jam 08.00 s/d jam 17.00
Home » Artikel » Dekorasi Interior Menggunakan Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel

SEJARAH DEKORASI INTERIOR

Keberadaan Dekorator interior  diperkirakan mulai muncul pada tahun 1720 di Eropa Barat. Dekorator interior yang terkenal pada masa itu adalah William Kent, yang meskipun profesi utamanya adalah pelukis, tapi ia juga mengerjakan pekerjaan dekorasi meliputi pemilihan furnitur, warna ruang  maupun elemen estetis ruang seperti lukisan dan hiasan lainnya.

Di London, pekerjaan dekorasi interior juga dikerjakan oleh upholsterer (orang yang bekerja di bidang pelapisan kursi maupun dinding), sementara di Paris dilakukan oleh ‘marchand-mercier’/ merchant of goods , yaitu pedagang furnitur yang sekaligus berperan sebagai kontraktor umum. Marchand-mercier yang terkenal saat itu adalah Dominique Daguerre. Para arsitek di Inggris dan benua Eropa juga berperan ganda menjadi dekorator interior, contohnya Robert Adam, seorang arsitek neoklasik, yang terkenal pada akhir abad ke-18 sebagai arsitek yang mengerjakan pekerjaan dekorasi interior. Hal ini disebabkan karena keahlian mendekorasi ruang juga merupakan salah satu bidang keahlian dari seorang arsitek. (http://interiordesignhistory.com).

interior menggunakan acp

Dekorasi Interior Aluminium Composite Panel

Dekorasi berasal dari kata dalam bahasa Inggris : “decorate” yang berarti menghiasi sedangkan “decoration” disebutkan dalam sumber yang sama berarti  hiasan. (Echols, 2006:169). Dari arti katanya, dapat diambil suatu pengertian bahwa dekorasi terkait dengan kegiatan hias-menghias atau suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperindah sesuatu. Pengertian dekorasi interior disebutkan sebagai berikut: Interior decoration generally refers to something that deals with finishes, surfaces, furniture, and wall coverings. (http:www.answer.com.topic).

Jadi dekorasi interior secara umum terkait dengan sesuatu yang menyangkut finishing (pengecatan, pelapisan), pengolahan permukaan, penataan perabot dan pelapisan dinding. Meskipun dekorasi adalah merupakan elemen kunci dari sebuah desain interior, akan tetapi tidak secara khusus memperhatikan interaksi dan kebiasaan manusia yang merupakan bidang kerjanya desainer interior.

            Pelaku kegiatan dekorasi disebut dekorator, dari kata dalam bahasa Inggris: decorator yang berarti penghias, sementara decorator interior diartikan sebagai penghias ruang. (Echols, 2006:269). Meskipun hanya bertugas menghias ruang, seorang dekorator interior dapat pula bekerja di berbagai bidang perancangan dan bekerja bersama dengan desainer interior dalam melakukan kegiatan perancangan seperti merancang showroom dan mendesain ulang tata ruang toko.

 

Dengan tidak adanya persyaratan perijinan maupun pendidikan formal di bidang dekorasi interior tersebut, maka siapa saja dapat menjadi dekorator interior.

Desainer interior dan dekorator  interior sama-sama memiliki peran yang besar dalam peningkatan kualitas ruang hunian, meskipun bidang garap keduanya berbeda. Perbedaannya terletak pada lingkup tanggung jawabnya, dan persyaratan profesi yang harus dipenuhi.

Dekorasi interior lebih kecil lingkup kerjanya, dan merupakan bagian kecil dari pekerjaan  desain interior. Dekorasi interior secara umum terkait dengan pelapisan elemen interior  yaitu pelapisan lantai, dinding maupun perabotannya serta penataan perabot berikut asesorisnya. Tidak ada peraturan pemerintah yang mengatur pekerjaan dekorator dan tidak diperlukan persyaratan pendidikan formal, bahkan setiap orang yang memiliki bakat dan minat dapat belajar sendiri melalui majalah atau media lain untuk menjadi dekorator interior.

Sementara itu desain interior memiliki bidang yang lebih luas dan khusus dengan tanggung jawab yang lebih besar meliputi perancangan furnitur, memilih bahan, menetapkan konstruksi, menentukan warna, merencanakan tata letak ruang dengan pertimbangan aksesibilitas  dan lain-lain yang semuanya didasarkan atas pertimbangan fungsional, keamanan, kenyamanan, dan keindahan. Desainer interior harus memenuhi persyaratan pendidikan formal di bidangnya dan memiliki pengalaman perancangan yang memadai, bahkan di beberapa negara maju, desainer interior harus memiliki sertifikasi yang didapat melalui ujian yang diselenggarakan oleh suatu lembaga sertifikasi yakni NCIDQ (National Council for Interior Design Qualification). Tapi persyaratan ini belum diterapkan di semua negara, termasuk Indonesia.

Jadi apabila seorang yang telah menempuh pendidikan formal di bidang desain interior akan tetapi tidak memiliki pengalaman yang memadai dalam penanganan suatu proyek desain, maka yang bersangkutan belum dapat disebut sebagai desainer interior, sementara itu siapapun dapat menjadi dekorator interior tanpa menempuh pendidikan formal, asalkan ia memiliki kemampuan di bidang seni mendekorasi ruang. Dengan demikian jelaslah perbedaan antara desain interior dan dekorasi interior

Aluminium Composite Panel / ACP

Aluminium Composite Panel adalah salah satau material yang biasanya berupa lembaran yang bahannya terbuat dari lapisan aluminium pada kedua sisi luar dimana didalamnya dilapisi dengan bahan non aluminium  berupa bahan polyetthylene dimana ketiga lapisan disatukan dalam lembaran yang kuat. Aluminium composite panel  dalam lembarannya akan didapatkan dalam lembaran yang kaku, kuat tapi dalam berat yang cukup ringan. Lembarannnya dapat ditemukan  dalam warna metalik dan warna non logam. Untuk  pesanan khusus , permukaan dapat dipeesan dalam berbagai pola meniru bahan bahan material lainnya seperti pola kayu, keramik dan pola lainnya.Lembaran Aluminium Composite Panel diproduksi biasanya dengan ukuran ketebalan 1 mm – 10 mm, dan lebar 1200 – 1600 mm.

Dalam pemakaiannya , aluminium composite panel banyak dipergunakan sebagai penutup permukaaan untuk dinding. Bahan ini biasanya digunakan untuk bangunan gedung ataupun rumah berbentuk minimalis. Sering dipergunakan dengan kombinasi penggunaan kaca dan bahan logam lainnya  untuk keindahan arsitektur.  Untuk penggunaan interior, aluminium composite panel sering dipergunakan untuk partisi,  penutup kolom  dan juga untuk plafoon artistik.

Keuntungan pemakaian Aluminium Composite Panel ini adalah :

  1. Permukaan yang cukup rata dan halus
  2. Mempunyai daya tahan yang cukup tinggi terhadap cuaca dan iklim
  3. Bahan yang bagus untuk dekoratif baik eksterior maupun interior
  4. Mudah diaplikasikan dalam berbagai desain konsep modern
  5. Tersedia dalam berbagai macam warna dan pola
  6. Composite mudah dibentuk, dilipat, dibor dan dan dilengkung dengan menggunakan peralatn konvensional ataupun peralatan sederhana lainnya.
  7. Bahan inti yang terbuat dari bahan  polyetthylene  sehingga lembaran tahan bakar
  8. Lapisan permukaaan aluminium yang dilapisi dengan polyester akan menambah daya tahan, stabilitas dan tahan terhadap iklim dan korosi.

ACP / Alumunium Composite Panel termasuk material interior yang sangat cocok untuk digunakan untuk menambah kesan artistik dan megah didalam ruangan.

Pagar BRC Mempercantik Rumah Anda

5 October , 2016 , Kategori : Artikel
Pagar BRC Mempercantik Rumah Anda

Pagar BRC sangatlah minimalis dan menambah kesan alami, apabila ditambah dengan rerumputan (penghijauan).... baca selengkapnya

Dekorasi Interior Menggunakan Aluminium Composite Panel

4 October , 2016 , Kategori : Artikel
Dekorasi Interior Menggunakan Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel Sangatlah Memungkinkan untuk di gunakan sebagai dekorasi ruangan maupun kitchen set... baca selengkapnya

Pentingnya Memiliki IMB dan IPB

28 April , 2014 , Kategori : Artikel
Pentingnya Memiliki IMB dan IPB

  IMB adalah ijin untuk mendirikan, memperbaiki, menambah, mengubah, atau merenovasi suatu bangunan, termasuk ijin kelayakan membangun bangunan yang dikeluarkan pemerintah daerah. Dasar pengaturan IMB adalah Undang-Undang No. 34 tahun 2001 tentang pajak dan retribusi daerah, yang kemudian dijabarkan... baca selengkapnya

Perbaiki Handle Pintu Sendiri

27 April , 2014 , Kategori : Artikel
Perbaiki Handle Pintu Sendiri

  Sebelum memulai pengerjaan penggantian handle  pintu  sebaiknya menyiapkan peralatan yang Anda butuhkan. Mulai dengan teliti dan tak perlu terburu-buru. Simak langkah-langkahnya berikut ini. Bahan dan perlengkapan: ·         Obeng ·         Pahat kayu ·         Palu ·         Kaca mata pelindung Langkah... baca selengkapnya

Mengenal Wiremesh

26 April , 2014 , Kategori : Artikel
Mengenal Wiremesh

  Di Indonesia, kita lebih mengenal wiremesh dengan nama kawat atau besi anyam, karena bentuknya yang kotak-kotak seperti kawat atau besi yang dianyam. Sebenarnya, wiremesh terdiri dari 2 bentuk, yaitu  lembaran dan gulungan (rol). Untuk yang lembaran, ukurannya 2,1m... baca selengkapnya

TELP :
031 51908246
087702472417

08972734385
081359034380
081232786010
081281637812

BBM :
7e7ad747 / 281ce80 / 75885160

July 2017
M T W T F S S
« Nov    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

UA-49624627-1